Rabu, 10 Maret 2010

Pendakian Pertama Gn. Sundoro (3153 Mdpl) 2002

Sekilas Gunung Sundoro
Gunung Sundoro - 3.153 m.dpl, setidaknya ada tiga
nama yang dikenal baik oleh masyarakat, Sindoro, Sundoro atau Sendoro. Adalah termasuk dalam jajaran gunung berapi yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe Strato. Dari kejauhan nampak seperti dua saudara kembar antara Sundoro dan Sumbing, berdiri kokoh di batas Kabupaten Temanggung sebelah barat dan sebelah timur kota Wonosobo. Diantara keduanya, dipisahkan oleh pelana Kledung (1.405 m.dpl) yang melintasi jalan raya, menghubungkan Wonosobo dengan kota Magelang.

Rute Pendakian

Gunungapi ini mudah dicapai dari segala jurusan, dari sebelah timur dari Magelang, dari sebelah barat dari Banjarnegara, dari arah utara dari Candiroto atau Melayu, sedangkan dari arah selatan dari Purworejo. Untuk mendaki gunung Sundoro terdapat dua jalur umum yang biasanya dipergunakan, yaitu; lewat Desa Kledung dan lewat Desa Sigedang (Tambi).

Gunungapi ini mudah dicapai dari segala jurusan, dari sebelah timur dari Magelang, dari sebelah barat dari Banjarnegara, dari arah utara dari Candiroto atau Melayu, sedangkan dari arah selatan dari Purworejo. Untuk mendaki gunung Sundoro terdapat dua jalur umum yang biasanya dipergunakan, yaitu; lewat Desa Kledung dan lewat Desa Sigedang (Tambi).

Ini Cerita Singkat Pendakian

Gunung Sindoro/Sundoro (3153 Mdpl) adalah pendakian perdana Saya pada Bulan Maret 2002, entah ada angin apa yang membuat Saya ingin mendaki gunung ini. Jiaaaaaah….. angin puyuh kaleee..!! Dilanjut…. Dalam pendakian ini Saya tidak sendiri ada beberapa kawan seperjuangan yang turut andil dalam pendakian ini. Diantaranya adalah :

1. Anto (siaw)
2. Bobby (boy)
3. Denny (keling)
4. Dodi (kodok)
5. Deden (q-noy)
6. Rosidi (tagor)
7. Samsul
8. Udin (mamang)
9. Saya sendiri (agustovicx
)
Semua terdiri dari 9 (sembilan) orang pendaki yang benyali besar. Mereka semua mungkin sudah ada beberapa gunung yang didaki/taklukan, sehingga Saya tidak merasa khawatir untuk mendaki bersama mereka. Hahaha... GR dah loe semua…..!!
Singkat cerita…..!! Pendakian dimulai pada malam hari sekitar jam 19.00 sehabis Sholat maghrib. Kita semua berjalan melewati kebun tembakau pada waktu itu, gelap, dingin 8 derajat C (saking dinginnya keringat kami yang keluar melalui wajah dan dahi tidak sampai jatuh kebawah), coba Anda bayangkan hehehe…!
Setelah berjalan 5 (lima) jam atau sekitar jam 24.00 Kami istirahat dan buka tenda untuk menginap. Biasalah kalau sudah ngecamp pasti masak, kipno, and ngebags..!! hahaha…!! Banyak cerita lucu yang Kami dapat tapi Saya malas untuk cerita yang pasti Anto (siaw) yang membuat kami terbahak-bahak. Zzzzzzzzzzz……! critanye dah tidur.

Keesokan paginya kami melanjutkan perjalanan ke puncak, tapi kita semua sudah makan, ngopi dll kalau tidak salah pendakian dimulai jam 09.00. Sembari kami mendaki jiaaaah…(sembari) bahasa apaan tuh..!! Begitu banyak pemandangan yang sangat indah secara geetoo cuacanya cerah dan backgroundnya Gunung Sumbing tapi sayang momen itu tidak sempat kami abadikan. Saya jadi ingat perbincangan kawan Saya Anto kepada Bobby, Anto: ‘Boy pemandangannya keren tuh kita foto disini aja’…!! Lalu Boby menjawab: ‘Ntar aja Siaw diatas pasti lebih bagus’. Langsung aja ye….!!

Waktunya makaaaaan jam 12.00 neh….! Ini adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu para pendaki. Akhirnya kami ishoma. Lalu perjalanan dilanjutkan kurang lebih 1 (satu) jam perjalanan kami tiba dipuncak. Kami pun saling bersalaman untuk merayakannya. Yang pasti sih foto-foto coy….!! Tapi sayang pada waktu itu kabut mengelilingi puncak gunung sehingga kami tidak bisa mendapatkan background yang indah. Akan tetapi kami semua puas karna sudah dapat menaklukan (bukan berarti kami meremehkan gunung… bukan itu..!!!) puncak gunung Sindoro/Sundoro.

Oooooch iya….!! Ada yang ngedumel neh : ‘tuh kaaan… kabut..!! apa gue bilang coba kalau tadi foto dibawah pasti keren backgroundnya kaga kaya gini’….!! Coba tebak siapa dia yang ngedumel..????

Setelah puas foto2 diatas akhirnya kamipun langsung turun, kalau tidak salah kami turun jam 14.00. Walaupun dengan kaki saya yang keram sebelah kanan akhirnya kita semua sampai dibawah dengan selamat tidak kurang satu apapun, Silahkan kasih komentar/kritik/saran.

Hanya Sunrise ini yang kami semua dapatkan.......!!

5 komentar:

  1. yg ngedumel elu tu bhel....??
    fotonya kurang byk bhel...
    dh gtu nyeritain gw mulu...??, emg kmn yg laen????

    BalasHapus
  2. Ada boy tapi yng berkesan dan yang paling gw inget momen itu doang, coba lu inget2 anak2 pada ngomong apaan. Lu ketik disini aja tar gw edit lagi....!! :)

    BalasHapus
  3. Iy tuh si boy, bukanya poto2 malah jl trs, dlu blm punya hp jd kaga bs Moto2 sendiri...hehe.malahan tustel d pegang boy lg ya bhel, klo Ama lw moto ya bhel..xixi..
    Turun PD dulu2an, Alhamdulillah kaga pd ilang d utan...wkwkwk

    BalasHapus