Rabu, 10 Maret 2010

Pendakian Kedua Gn. Sumbing (3371 Mdpl)

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Sumbing mempunyai ketinggian setinggi 3.371 meter.
Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah di gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian. Di puncaknya gunung ini mempunyai kawah yang masih aktif.

Cerita Singkat Pedakian

Berawal dari pendakian Sindoro yang sudah saya ceritakan, akhirnya kamipun mendaki lagi (ketagihan kali yee..).
Kali ini Saya mendaki Gunung Sumbing (3371 Mdpl) yang kala itu bersebelahan dengan Gunung Sindoro kok kala itu seh … sekarang dan selamanya masih bersebelahan kaleee…! Hehe666x…! Tepatnya pada tgl 08-09 Juli 2002 Saya mendaki bersama :
1. Maman (memen) kawan serumah
2. Firman (kawan kampus)
3. Saya sendiri (Agustovicx)


Hanya 3 (tiga) orang pendaki saja untuk pendakian Saya yang ke 2 (dua). Singkat cerita pendakian dimulai pada jam 08.00 pagi hari waktu itu cuaca sangat cerah dan udara sangat dingin sekitar 10 derajat C. Jalur yang kami lewati berupa kebun tembakau, jalan setapak, jalan berdebu, sampai jalan yang berbatu seperti diGunung Sindoro.

Seperti biasa setiap jam 12.00 kami ishoma, setelah selesai kami melanjutkan perjalanan. Betapa terkejutnya Saya ketika saya tengok kebelakang ada 2 pendaki perempuan dan 3 pendaki laki-laki berjalan tepat 20m dibelakang kami bertiga. Padahal mereka akan mendaki pada jam !0.00 ck….ck….ck…..! 2 jam lebih cepat dari perjalan kami bertiga.

Setelah Saya berbincang-bincang dengan mereka ternyata mereka berasal dari UI (Universitas Indonesia) yang sedang meliput acara untuk televisi Trans7/ANtv ya..!! aduh Saya lupa hix..hix…!!

Pendakian masih berlanjut kami bertiga sepakat bahwa pendakian dihentikan apabila keadaan sudah mulai gelap secara getooo cuma naek bertiga doang iiiiiichh sereeeeem…..!!! Akhirnya pada jam 17.30 kami pun buka tenda biasalah kalau udah buka tenda pasti Anda tahu sendiri..!!
Malampun tiba sekitar jam 22.00 kamipun tidur, tapi apa yang terjadi saudar-saudara, tenda kami seperti digoyang-goyang keras sekali (ternyata cuma badai angin yang tidak disertai hujan) jiaaaaaahh….. Gue kira apaan??

Pagipun tiba Jam 05.20 Saya dan Maman terbangun ketika kami keluar tenda Subhanalloh…Saya disuguhkan pemandangan yang luar biasa, awan persis dibawah kaki kami, Gunung Sindoro kelihatan begitu jelas, kota Wonosobo kelihatan begitu kecil apalagi manusianya.. Maha Besar Alloh. Tanpa pikir panjang ambil camera langsung jeprat-jepret.

Perjalanan belum berakhir, pada jam 09.00 kami pun bersiap-siap menuju puncak. Tapi sayang sekali kawan Saya Firman tidak bisa ikut karena sudah tidak kuat katanya. Kami sudah coba merayunya bahwa perjalanan hanya 45 menit dari tempat kami ngecamp. Akhirnya Saya jalan berdua dengan Maman Alhamdulillah akhirnya sampai juga kita dipuncak Sumbing.

Setelah berfoto-foto ria dipuncak akhirnya kami langsung turun gunung pada jam 12.00 seperti biasa tiba dibasecamp sore hari sekitar jam 17.00.

1 komentar:

  1. Wew...keren bos, baru posting sekali dua kali aja dah kayak gini gimana nanti yak? Tapi set sidebar-nya lg dunk...biar enak dilihat.
    LANJUTKAN..!

    BalasHapus